Saturday, 30 September 2017

Camping di Mawar Camp Ground, Seru!


Tenda-tenda di lokasi camp


Hello hello,,, Para pembaca blogger sekalian, saya mau menceritakan tentang kenangan saya ketika camping di Mawar Camp Ground, kegiatanya sudah lama sih, tepatnya pada tanggal 19/07/2015 tapi nggak masalah kan kalau pengalamanya baru di share,,,😅 kan buat berbagi pengalaman, hehe…😄 Okelah tidak perlu banyakan basa-basi lagi langsung saja cekibrot...👍


Tepat pukul 15.30 WIB, saya dan teman-teman remaja gereja berangkat dari Genurid, Ungaran timur menuju ke desa Sidomukti kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Kalau denger sidomukti pasti kita langsung kepikiran sama tempat wisata alam umbul sidomukti, iya kan sob? Itu tuh tempat wisata terkenal di kabupaten Semarang. Nah kalau kita mau naik sedikit dari tempat wisata umbul sidomukti, kita bakal nemuin pondok kopi dan basecamp mawar. Hah, basecamp? Iya, karena mawar adalah salah satu basecampnya para pendaki gunung ungaran sob.

Mendirikan Tenda
Sekitar pukul 16.15 WIB kita sampai di gerbang masuk wisata umbul sidomukti, disini kita harus bayar tiket masuk dulu karna sudah memasuki kawasan wisata umbul sidomukti, saat itu harga tiket masuk adalah 2rb dan sekarang sudah naik jadi 4rb/orang. Lanjut lagi jalan ke basecamp Mawar, sampai di lokasi basecamp kita registrasi dulu sob, saat itu 5rb /Orang kalau sekarang yang terupdate tahun 2017 adalah 7rb/orang/malam. Sesudah registrasi langsung menuju camping ground dan mendirikan tenda.

Nyantai di sore hari 😇
Untuk berkemah disini, pengunjung bisa membawa tenda dan peralatan lainnya sendiri. Tapi missal sobat yang ingin kesana tidak memiliki peralatan, tidak perlu khawatir karena pengelola juga menyediakan peralatan kemah. Ketika dalam masa liburan atau malam tahun baru, pengunjung juga bisa reservasi dulu memesan jauh hari untuk tempat dan dibangunkan tenda, biar kebagian lokasi yang view nya bagus untuk melihat pemandangan matahari terbit.


oh iya gak usah kawatir disini sob, disini rame kok, banyak fasilitasnya ada toilet, tempat solat, dan yang tak ketinggalan adalah deretan warung yang buka 24 jam, ada soto dan kopi susu yang sudah siap disantap asal membayar, hehe.., warung-warung disini buka 24 jam. jadi gak usah kawatir kalau tengah malam perut keroncongan. 

Menikmati malam
Sungguh sangat mempesona pemandangan kota semarang dari atas apalagi kalau ada bintang-bintang dilangit. Kebetulan saat itu cuaca cerah, sempat melihat bintang jatuh pula. Diwaktu tengah malam saya dan teman-teman nongkrong-nongkrong di depan tenda sambil gitaran, ngopi, ngobrol, curhat… asyik seru deh…😋 sangking serunya sampai jam 3 pagi baru bisa tidur.😴


Sunrise
Puji Tuhan di pagi hari bisa menikmati pemandangan yang indah dan udara yang begitu sejuk, sambil jalan-jalan mengelilingi camping ground, sambil cuci mata. Haha..👀😎

sebelum pulang selfie dulu
Setelah merasa puas muter-muter dan capek, sekitar pukul 09.00 WIB kami bongkar  tenda dan sayonara Mawar...😍 meninggalkan banyak kenangan indah.
Ini teman-teman saya

Info untuk reservasi :
Hp. 085640734875

Menikmati "GOLDEN SUNRISE" di Bukit Sikunir Dieng


Bisa di bilang cuma bukit kecil,  namun kaya akan kenangan yang bisa di dapat dari bukit tersebut. Ya terutama karena keindahan panorama alam yang membuat malas mengedipkan mata, keindahan Golden Sunrisenya Sikunir Dieng. Lokasi wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung, Banyak wisatawan berbondong ke tempat ini setiap harinya. Bahkan di saat-saat tertentu seperti misalnya acara Dieng Culture Festival Dieng, Tahun Baru dan libur Panjang, Jalur ke Sikunir mengalami macet, penuh sesak oleh kendaraan  para Pengunjung.

Harga tiket memasuki kawasan wisata Dieng sampai ke lokasi Bukit Sikunir
Gunung Sindoro di lihat dari Puncak Sikunir
Pengalaman saya dan rombongan waktu berkunjung ke Sikunir pada tanggal 21 september 2017 , rincian harga tiket masuknya adalah sebagai berikut :
  • Tiket memasuki wisata Dieng : Rp 10.000/Org ( Tiket ini bisa di gunakan untuk memasuki wisata dikawasan dieng )
  • Tiket masuk ke bukit sikunir : Rp 10.000/Org
  • Tiket mendirikan tenda di Danau Cebong ( Sembungan ) : Rp 10.000/Tenda 
  • Biaya parkir motor : Rp 5.000/mtr
Barisan Gunung Yang Menakjubkan

Info tambahan mengenai biaya hidup di lokasi :
  • Nge-charger  HP sampai full : Rp. 5.000 /hp ( ada warung yang melayani charge hp ) 
  • Toilet   : Rp 2.000/masuk

Rute / Akses ke Sikunir
Ketika saya mengunjungi lokasi bukit sikunir, di perjalanan tanjakan arah dieng mengalami kemacetan parah, itu di karenakan saya datang pas hari libur nasional idul adha, dan di tambah ada jalan yang sedang di renovasi jalanya longsor. Jadi misalkan sobat mau bepergian ke lokasi sikunir disaat liburan persiapkan kondisi badan dan cek kondisi kendaraan yang mau di gunakan.

Jika anda start dari Kawasan Wisata Dieng, maka dibutuhkan waktu sekitar limabelas hingga tigapuluh menitan menggunakan kendaraan (waktu perjalanan sangat dipengaruhi kondisi dan rute jalan yang dilalui ) untuk mencapai desa sembungan untuk kemudian dilanjutkan pendakian ke Puncak Sikunir yang kurang lebih memakan waktu 30 menit, medan yang di lalui ke bukit tidaklah se-ekstream saat kita mendaki gunung pada umumnya, karna sudah di buatkan anak tangga yang aman untuk di lewati.
 
Pemandangan Danau Cebong
Sembungan, sebuah desa tertinggi  di pulau jawa ini bisa dibilang basecampnya sikunir. Disana ada danau yang keren loh namanya danau Cebong, namanya unik ya kayak anak kodok “Cebong” hehehe…. Danau ini pas banget kalau buat ngecamp bersama teman-teman. Pemandangan di sekitar danau gak kalah kerenya dari danau Ranu Kumbolo yang ada di gunung Semeru. Saya sebelum mendaki di bukit sikunir juga sempat ngecamp dulu di tepi danau sembungan, hanya berbagi informasi waktu itu saya sampai lokasi danau jam 11.00 WIB tanggal 21 september 2017 kondisi masih sepi banget maksudnya selain saya dan rombongan saya tidak ada pengunjung lain, disana banyak warung tapi masih banyak yang tutup.

Setelah saya mendirikan tenda, saya langsung muter-muter cari info siapa tau ada petugas yang jaga, tapi saya hanya mendapatkan info dari ibu yang jualan di warung, dari puluhan mungkin lebih dari 15 warung hanya ada satu warung yang buka. Setelah saya tanya-tanya ternyata kalau siang memang tidak ada petugas yang jaga, lalu kebanyakan warung bukanya hanya di malam hari dan yang paling ramai adalah di pagi hari, ya karna pengunjung banyak yang berkunjungnya itu di malam hari dan menjelang pagi makin ramai pengunjung, ya karna tujuan pengunjung  untuk melihat Sunrise / matahari terbit di puncak bukit Sikunir demi mendapatkan pengalaman istimewa menjadi saksi detik-detik pergantian hari dan menyaksikan mentari beranjak dari peraduan menciptakan pemandangan Istimewa serasa di puncak dunia. Ketinggian puncak bukit sikunir adalah 2350 Mdpl.

Golden Sunrise
Fasilitas di Bukit Sikunir
Dari sekian pengalaman saya melakukan perjalanan ke puncak gunung, baru kali ini saya mengetahui kalau di puncak sikunir ada fasilitas kamar mandi ( WC Umum ) dan ada tempat ibadah yaitu Mushola nya. Memang sih bukit sikunir kalau menurut saya bukanlah puncak gunung, namanya juga bukit, hehehe… Tapi kalau untuk pemandangan bisa di bandingkan dengan view dari puncak gunung-gunung yang tinggi. Kereen abis deh pokoknya.


Oh iya di sekitaran desa sembungan banyak penginapan homestay, pilihan lain untuk menginap selain ngecamp sebelum melakukan pendakian ke puncak bukit sikunir. Tetapi jika anda tidak ingin menginap, anda bisa langsung melakukan pendakian dari titik start tempat Parkir dekat Telaga/Danau Cebong. Tambahan info, kalau langsung naik ke bukit usahakan setelah jam 3 Pagi, karna sebelum jam 3 pagi di larang petugas melakukan perjalan ke bukit Sikunir. Saya dan teman-teman juga melakukan perjalanan dari danau menuju ke bukit sikubir itu jam 04.00 Wib tanggal 22 September 2017.

Itulah beberapa informasi yang bisa saya bagikan tentang Bukit Sikunir, info ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi.
Selfie di puncak Sikunir

Piknik ke Brown Canyon Semarang

Mobil Bisa Masuk Lokasi

Brown Canyon Semarang sebenarnya bukanlah tempat wisata melainkan perbukitan biasa, namun karena penambangan material yang dilakukan setiap hari selama bertahun-tahun ahirnya berubah wujud seperti layaknya Green Canyon yang ada di Amerika. Dan sekarang sudah menjelma menjadi lokasi / spot untuk berwisata maupun pengambilan foto panorama.


Tebing-tebing


Keindahan panorama alam yang eksotik membuat lokasi Brown Canyon Semarang ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi. Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi.
Dikarenakan Brown Canyon sebenarnya bukanlah tempat wisata tentu saja para wisatawan harus mencari petunjuk arah sendiri, karena warga sekitar hanya tahu bahwa tempat tersebut hanyalah sebagai tempat penambangan material berupa pasir, tanah urug dan batu padas. Saat itu saya dengan teman-teman melakukan kunjungan wisata ke brown canyon sempat salah jalan, ya maklum karna memang belum ada petunjuk arah di skitar lokasi…. Hehehe….

Tebing Brown CANYON
Brown Canyon terletak di daerah Rowosari Meteseh Tembalang Semarang, tempat yang lumayan jauh dari pusat keramaian kota Semarang. Merupakan tantangan tersendiri bagi para wisatawan yang ingin datang ke tempat ini, dimana para wisatawan dalam sepanjang perjalanannya harus bertemu dengan debu-debu yang beterbangan dan bersimpangan dengan truk-truk pengangkut bahan material.

Asyik buat spot foto

Lokasi Brown Canyon Semarang bisa dijangkau dari berbagai arah. Pengunjung bisa melewati pasar Meteseh via Tembalang, Kedungmundu atau RSUD Klipang.
Rute Brown Canyon dari Semarang timur bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM Anda akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.
Rute Brown Canyon dari arah Solo, Yogya dan Semarang atas bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan kemudian menuruni Sigar Bencah sampai perempatan Pasar Meteseh langsung ambil jalan lurus.

Yang perlu dipersiapkan saat melakukan perjalanan ke lokasi :
Karena tempat ini merupakan tempat panambangan bahan material dan masih aktif maka datanglah pada waktu diluar jam kerja, jika terpaksa harus datang disaat jam kerja maka jangan lupa persiapkan masker atau buff sebagai penutup mulut dan kacamata. Karena kondisi jalan pedesaan yang cukup jelek, berdebu dan bergelombang maka gunakanlah sepeda motor yang fleksibel atau jika menyukai tantangan Anda bisa menggunakan sepeda onthel. Tidak disarankan menggunakan mobil mewah apalagi mobil dengan full variasi atau mobil ceper. Yang pasti selalu hati-hati saat berwisata.

Friday, 29 September 2017

10 Filosofi Mendaki Gunung Yang Bisa Merubah Hidup Anda

Saya akan sharing tentang filosofi dari mendaki gunung yang akan bisa merubah hidup Anda :
 
1. Sebelum mendaki, Sobat harus menetapkan tujuan dahulu, mau sampai puncak gunung atau tidak. Begitu pula dalam kehidupan.



Tujuan orang mendaki gunung berbeda-beda. Sobat harus mampu menilai kemampuan diri sendiri serta keinginan atau motif yang sobat miliki. Mendaki gunung itu tidaklah harus sampai puncak gunung sob, kamu bisa saja hanya ngecamp di separuh jalur pendakian, seperti di Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru.
Hidup itu seperti naik gunung. Sebelum melakukan sesuatu, sobat harus menetapkan apa tujuan hidupmu. Tetapkan sesuatu yang kamu yakin bisa capai. Serta kamu harus tahu apa yang benar-benar jadi keinginanmu yang akan membuatmu bahagia dalam hidup ini.

2. Siapkan perencanaan. Dari peralatan dan kondisi tubuh serta persiapan mental.



Sejatinya mendaki gunung tak sama dengan berwisata ke taman hiburan loh ya. Medan dan situasi yang akan di lewati sangat sulit dan tak tertebak. Untuk itu sobat sangat memerlukan perlu perencanaan yang matang. Mulai dari menentukan lokasi tujuan, waktu keberangkatan, jalur pendakian, titik tempat istirahat, persiapan semua perlengkapan dan memastikan kondisi tubuh yang fit, serta kemantapan mental kita untuk mendaki berani atau tidak. Mendaki tanpa rencana yang matang bisa membunuhmu, jadi ini bukan perkara main-main sob. Dalam menjalani hidup pun begitu. Kita harus selalu memulai langkah dengan perencanaan matang agar semua berjalan dengan baik-baik saja sesuai harapan.

3. Sobat bisa mendaki sendirian, namun lebih baik lagi jika kamu berjalan bersama teman atau team.
Medan dan situasi yang berat akan terasa lebih ringan kalau kamu memiliki teman seperjalanan. Alangkah baiknya sobat mengajak teman yang mau mendaki bersama. Sendiri memang membuatmu melangkah lebih cepat, namun bersama teman akan membuatmu melangkah lebih jauh lagi.
Begitupun dengan hidup ini. Meski kita merasa bisa jalan sendirian, percayalah kita sebenarnya tetap membutuhkan teman atau pendamping, entah itu pasangan hidup, keluarga atau teman untuk menjalani hidup.




4. Kamu akan menyadari bahwa ini bukan tentang menaklukan gunung, tapi menaklukan diri sendiri.



Tantangan dan situasi yang berat akan membuatmu berpikir untuk menyerah. Kelelahan, oksigen yang menipis dan hawa yang dingin, mendan yang berat adalah alasan yang cukup bagimu untuk menyerah. Kamu akan sadar, bahwa mendaki bukan tentang menaklukan alam, tapi menaklukan diri sendiri. Begitu pula dengan hidup ini. Menjadi hebat bukan tentang menaklukkan dunia dan seisinya, tapi menaklukan ego diri sendiri dan menguasai diri.


5. Mencapai puncak tujuan butuh perjuangan dan pengorbanan. Bukankah kehidupan juga begitu?



Puncak gunung yang jadi tujuanmu mendaki membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang tidaklah sedikit. Setiap seorang pendaki pasti merasakan hal ini. Tak ada pesawat atau kendaraan yang memudahkan perjalanan, semua butuh perjuangan perjalanan kaki. Sama dengan perjalanan hidup. Tidak ada yang instan di dunia ini. Jika kamu ingin mencapai tujuanmu, kamu harus berusaha dan berjuang untuk ke sana. Akan selalu ada banyak halangan dan rintangan yang harus sobat lewati untuk mencapai puncak kesuksesan.


6. Jika sobat ingin mendapatkan atau melihat sesuatu yang mengagumkan, keluarlah dari zona nyaman sobat.



Gunung bukan merupakan zona nyaman bagi setiap orang. Perjalanan ke puncak gunung dan mendapatkan pemandangan indah itu butuh proses yang tak segampang membalikan telapak tangan. Mendaki gunung menunjukkan kamu berani keluar dari zona nyaman dan meninggalkan kemudahan hidup di perkotaan. Sama dengan menjalani hidup. Kesuksesan selalu datang bagi orang yang berani keluar dari zona nyaman. Kesuksesan adalah milik orang yang menerima dan melewati tantangan.


7. Ketahuilah, tubuh kita bukanlah mesin. Sesekali kita butuh istirahat sejenak.
Saat mendaki gunung kamu akan tahu ada batasan bagi tubuh manusia untuk beraktivitas. Agar perjalananmu bisa sampai puncak, kamu butuh istirahat untuk mengisi ulang energimu.



Begitu pula dalam hidup, di sela-sela kesibukanmu bekerja atau kuliah, kamu butuh mengistirahatkan tubuhmu. Bisa juga liburan, main sama teman-teman atau bercengkrama dengan keluarga. Karena memang, tanpa "istirahat" hidupmu justru tak akan bahagia.


8. Ketika naik gunung akan membuatmu sadar, ada banyak orang baik di dunia ini yang masih mau menolong.
Kamu akan menemui dan berpapasan dengan beragam karakter manusia. Namun begitu, satu hal yang pasti bahwa ketika kamu dalam situasi sulit, akan ada orang yang menolong dan membantumu. padamu.



Entah menawarkan minuman atau hanya memberikan semangat. Sama halnya dengan hidup. Dunia ini masih banyak orang baik yang akan menemani perjalanan hidupmu. Karena sejatinya manusia adalah makhluk yang baik dan peduli. Apalagi, jika kamu juga baik pada orang lain.


9. Kamu akan merasa kecil dan tak berdaya setelah sampai di puncak gunung.




Ketika sampai di puncak, ada rasa bahagia di hati. Kamu berhasil melewati semua rintangan untuk sampai di sini. Rasa puas ini hanya akan berlangsung beberapa menit, berikutnya kamu akan sadar bahwa kamu hanyalah titik kecil di dunia yang begitu besar dan luas. Ada rasa syukur atas semua nikmat yang diberikan Tuhan.


10. Kamu memahami makna pulang ke rumah. Keluarga adalah segalanya.




Tujuan mendaki gunung bukanlah mencapai puncak, namun pulang ke rumah dengan selamat. Selama di gunung kamu akan sadar, bahwa rumah adalah tempat terbaik yang memberimu perlindungan dan kehangatan, hal yang tidak kamu dapat selama di gunung. Ini akan membuatmu lebih menghargai arti rumah, selalu berusaha untuk pulang ke rumah, tempatmu berasal. Jadi apapun kamu nanti, keluarga adalah tempat kembali.

Jadi kesimpulanya mendaki gunung sama dengan menjalani kehidupan ini sob. Kamu butuh kerendahan hati, konsistensi, strategi dan keteguhan niat untuk sampai pada apa yang kamu inginkan.