Saturday, 30 September 2017

Menikmati "GOLDEN SUNRISE" di Bukit Sikunir Dieng

Bisa di bilang cuma bukit kecil,  namun kaya akan kenangan yang bisa di dapat dari bukit tersebut. Ya terutama karena keindahan panorama alam yang membuat malas mengedipkan mata, keindahan Golden Sunrisenya Sikunir Dieng. Lokasi wisata ini tak pernah sepi dari pengunjung, Banyak wisatawan berbondong ke tempat ini setiap harinya. Bahkan di saat-saat tertentu seperti misalnya acara Dieng Culture Festival Dieng, Tahun Baru dan libur Panjang, Jalur ke Sikunir mengalami macet, penuh sesak oleh kendaraan  para Pengunjung.

Harga tiket memasuki kawasan wisata Dieng sampai ke lokasi Bukit Sikunir
Gunung Sindoro di lihat dari Puncak Sikunir
Pengalaman saya dan rombongan waktu berkunjung ke Sikunir pada tanggal 21 september 2017 , rincian harga tiket masuknya adalah sebagai berikut :
  • Tiket memasuki wisata Dieng : Rp 10.000/Org ( Tiket ini bisa di gunakan untuk memasuki wisata dikawasan dieng )
  • Tiket masuk ke bukit sikunir : Rp 10.000/Org
  • Tiket mendirikan tenda di Danau Cebong ( Sembungan ) : Rp 10.000/Tenda
  • Biaya parkir motor : Rp 5.000/mtr
Barisan Gunung Yang Menakjubkan

Info tambahan mengenai biaya hidup di lokasi :
  • Nge-charger  HP sampai full : Rp. 5.000 /hp ( ada warung yang melayani charge hp )
  • Toilet   : Rp 2.000/masuk

Rute / Akses ke Sikunir
Ketika saya mengunjungi lokasi bukit sikunir, di perjalanan tanjakan arah dieng mengalami kemacetan parah, itu di karenakan saya datang pas hari libur nasional idul adha, dan di tambah ada jalan yang sedang di renovasi jalanya longsor. Jadi misalkan sobat mau bepergian ke lokasi sikunir disaat liburan persiapkan kondisi badan dan cek kondisi kendaraan yang mau di gunakan.

Jika anda start dari Kawasan Wisata Dieng, maka dibutuhkan waktu sekitar limabelas hingga tigapuluh menitan menggunakan kendaraan (waktu perjalanan sangat dipengaruhi kondisi dan rute jalan yang dilalui ) untuk mencapai desa sembungan untuk kemudian dilanjutkan pendakian ke Puncak Sikunir yang kurang lebih memakan waktu 30 menit, medan yang di lalui ke bukit tidaklah se-ekstream saat kita mendaki gunung pada umumnya, karna sudah di buatkan anak tangga yang aman untuk di lewati.

Pemandangan Danau Cebong
Sembungan, sebuah desa tertinggi  di pulau jawa ini bisa dibilang basecampnya sikunir. Disana ada danau yang keren loh namanya danau Cebong, namanya unik ya kayak anak kodok “Cebong” hehehe…. Danau ini pas banget kalau buat ngecamp bersama teman-teman. Pemandangan di sekitar danau gak kalah kerenya dari danau Ranu Kumbolo yang ada di gunung Semeru. Saya sebelum mendaki di bukit sikunir juga sempat ngecamp dulu di tepi danau sembungan, hanya berbagi informasi waktu itu saya sampai lokasi danau jam 11.00 WIB tanggal 21 september 2017 kondisi masih sepi banget maksudnya selain saya dan rombongan saya tidak ada pengunjung lain, disana banyak warung tapi masih banyak yang tutup.

Setelah saya mendirikan tenda, saya langsung muter-muter cari info siapa tau ada petugas yang jaga, tapi saya hanya mendapatkan info dari ibu yang jualan di warung, dari puluhan mungkin lebih dari 15 warung hanya ada satu warung yang buka. Setelah saya tanya-tanya ternyata kalau siang memang tidak ada petugas yang jaga, lalu kebanyakan warung bukanya hanya di malam hari dan yang paling ramai adalah di pagi hari, ya karna pengunjung banyak yang berkunjungnya itu di malam hari dan menjelang pagi makin ramai pengunjung, ya karna tujuan pengunjung  untuk melihat Sunrise / matahari terbit di puncak bukit Sikunir demi mendapatkan pengalaman istimewa menjadi saksi detik-detik pergantian hari dan menyaksikan mentari beranjak dari peraduan menciptakan pemandangan Istimewa serasa di puncak dunia. Ketinggian puncak bukit sikunir adalah 2350 Mdpl.

Golden Sunrise
Fasilitas di Bukit Sikunir
Dari sekian pengalaman saya melakukan perjalanan ke puncak gunung, baru kali ini saya mengetahui kalau di puncak sikunir ada fasilitas kamar mandi ( WC Umum ) dan ada tempat ibadah yaitu Mushola nya. Memang sih bukit sikunir kalau menurut saya bukanlah puncak gunung, namanya juga bukit, hehehe… Tapi kalau untuk pemandangan bisa di bandingkan dengan view dari puncak gunung-gunung yang tinggi. Kereen abis deh pokoknya.

Oh iya di sekitaran desa sembungan banyak penginapan homestay, pilihan lain untuk menginap selain ngecamp sebelum melakukan pendakian ke puncak bukit sikunir. Tetapi jika anda tidak ingin menginap, anda bisa langsung melakukan pendakian dari titik start tempat Parkir dekat Telaga/Danau Cebong. Tambahan info, kalau langsung naik ke bukit usahakan setelah jam 3 Pagi, karna sebelum jam 3 pagi di larang petugas melakukan perjalan ke bukit Sikunir. Saya dan teman-teman juga melakukan perjalanan dari danau menuju ke bukit sikubir itu jam 04.00 Wib tanggal 22 September 2017.

Itulah beberapa informasi yang bisa saya bagikan tentang Bukit Sikunir, info ini saya dapatkan dari pengalaman pribadi.