Thursday, 12 October 2017

Memandang Indahnya Pulau Panjang

Hallo sobat Traveller, Saya mau berbagi kisah perjalanan saya ke sebuah pulau, waktu itu pergi bersama teman saya, cowok, maklum belum punya semacam kekasih, hehe. Di Jepara itu wisata baharinya lumayan terkenal. Yang paling terkenal itu ya pulau Karimun Jawa. Tapi ada 1 pulau lagi yang biasa dikunjungin wisatawan ke Jepara. Yaitu Pulau Panjang.
Gerbang Masuk Pulau Panjang
Pulau Panjang sendiri adalah pulau yang terdapat di Jepara, Jawa Tengah. Pulau dengan luas 19 ha ini berjarak 1.5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara. Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih alias bening, serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Jarak antara Pulau Panjang dan Pantai Kartini cukup dekat. Sekitar 2,5 km saja. Hanya butuh waktu 5-20 menit jika mengendarai angkutan perahu yang tersedia di Pulau Panjang.

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, bisa melalui Pantai Kartini, Pantai Bandengan, atau Pantai Prawean. Namun dermaga penyeberangan dari Pantai Kartini ke Pulau Panjang dan ke Karimunjawa berbeda. Di sini ada papan petunjuk dermaga kapal untuk menuju ke Pulau Panjang. Ketika itu,  saya naik kapal dari dermaga yang ada di Pantai Kartini. Karena Pantai Kartini juga pemandanganya bagus , jadi sebelum nyebrang, bisa santai-santai dulu di Pantai Kartini.
Menunggu Keberangkatan Perahu di Dermaga
Pulau kecil  dengan membentuk agak memanjang ini telah lama dibuatkan jalan untuk mengelilingi pulau, jadi jika kalian jalan-jalan kesana mengelilingi pulau bersama si do’i akan lebih syahdu sob…  Jalan panjang mengelilingi pulau dari bahan paving blok itu membuat warga sekitar Pulau Panjang menyebut pantai ini dengan nama Gili Dowo (jalan panjang), pulau  ini termasuk pulau kecil, luasnya hanya 19 ha.
Oh ya sob, tambahan infromasi, di sana ada Makam Syeikh Abu Bakar seorang tokoh ulama Jepara terdapat di sebelah barat pulau. Tempat ini dilengkapi dengan pendopo, masjid. Setiap tahun sekurang-kurangnya 4 kali diadakan peringatan (khoul) sehingga pada waktu-waktu tersebut Pulau Panjang dipenuhi para peziarah dan puncak peringatan diadakan bulan Syuro (Muharam).

Untuk fasilitas disana lengkap  ada sarana MCK, cafetaria, bahkan ada air barokah yang dipercaya sebagian orang dapat memberikan manfaat, baik kesehatan maupun keselamatan. Wisatawan juga di manjakan oleh spot-spot yang bisa digunakan untuk foto ada area taman kecil Pulau Panjang. Ada hammock, ada ranting kayu, ada ayunan dan lain-lain.
Ayunan di Pantai

Spot Foto

Jika sobat traveller mau kesana ini informasi tiket masuk dan ongkos menyebrang menggunakan perahu. Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000 /Orang. Disana ada dermaga Perahu ongkosnya Rp. 15.000/orang pulang-pergi. Ada informasi dari petugas tiket kalau pulang dari pulau panjang tapi beda perahu tidak masalah yang penting ada tulisanya Perahu Sapta Pesona.
Sekian dulu sobat traveller cerita saya tentang perjalanan saya di Pulau Panjang, semoga bermanfaat.
Sayonara 😃

Share this

Comments
0 Comments

0 Comment to "Memandang Indahnya Pulau Panjang"

Post a Comment