Tuesday, 10 October 2017

Persiapan Petualangan Ala Backpacker

Pengen merasakan petualangan hingga ke pelosok Negeri? Pasti akan banyak yang jawab “iya”, “mau”, apalagi “pengen”. Untuk menjadi backpacker tidak cukup hanya memiliki nyali atau modal nekat, tapi juga dibutuhkan niat dan persiapan - persiapan untuk mengepak tas mengelilingi Indonesia, atau bahkan Dunia.
Backpacker


Untuk itu, saya akan berbagi tips-tips agar kamu siap menjadi backpacker pemula. Perlu di garis bawahi , info ini di kutip dari berbagai sumber dan saya rangkum sedemikian rupa biar bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Karena saya juga masih awam tentang dunia backpacker, Mari di simak baik-baik :

1. Buatlah rencana perjalanan agar perjalananmu terasa lebih aman
 
Susun rencana perjalananmu dengan matang. sebuah kata bijak, gagal dalam merencanakan sesuatu berarti kita sedang merencanakan perjalanan. Hal yang sama juga berlaku pada traveling. Karena itulah perencanaan berperan penting bagi backpacker, terutama bagi pemula, seperti saya. Kamu nggak mau perjalananmu kacau karena nggak tau apa-apa kan? Dalam perjalanan itu lumrah jika terjadi kejadian tidak terduga. Selain itu perkirakan juga budgetnya dari awal agar nanti nggak perlu repot-repot nyari ATM buat ngambil uang.

2. Backpacker juga butuh Manajemen waktu
Manajemen waktu menjadi penting apalagi kalau anda memiliki kegiatan lain seperti bekerja atau sekolah. Melakukan perencanaan dan manajemen yang baik akan memberikan beberapa kemudahaan untuk melakukan perjalanan secara mudah, murah dan nyaman. Sebagai contoh, pada saat liburan sekolah, harga tiket dan akomodasi biasanya cenderung akan mahal, tetapi sebaliknya pada saat musim masuk sekolah  harga tiket dan akomodasi menjadi cenderung turun dan sangat murah.

Musim Panas (Summer) biasanya bukan saat yang tepat untuk melakukan traveling ke negara-negara  dengan 4 musim, karena umumnya summer adalah puncak kepadatan untuk kegiatan travelling. Disisi lain, musim salju (winter) juga bukan saat yang tepat untuk dikunjungi, walaupun kemungkinan harga tiket murah, bagi orang yang belum terbiasa dengan cuaca yang dingin. Demikian juga ketika negara yang anda tuju sedang ada turnamen besar seperti world cup atau olimpiade. Transportasi dan akomodasi akan naik harganya. Kondisi-kondisi ini akan berdampak pada biaya yang harus anda keluarkan.

3. Paham "SURVIVAL" atau bertahan hidup
Yang mesti kamu lakukan untuk menjadi seorang Backpacker tangguh dan handal adalah anda musti bisa yang namanya "SURVIVAL" atau bertahan hidup, sedikit info tentang Survival, "survival berasal dari survive yang berarti bertahan hidup dalam suatu kondisi yang tidak menentu yang dihadapi oleh seseorang atau berkelompok di suatu daerah yang asing atau teresolir"

Yang namanya backpacker tangguh mesti bisa dalam segala hal, pelajari teknik survival di Hutan belantara, Padang savana, ataupun Gurun pasir sekalipun.
Kamu mesti tau caranya bangun tenda, menyalakan api unggun serta bertahan dari serangan hewan buas, karena meskipun kamu dikota besar sekalipun, setidaknya Survival ini mesti dipelajari bagi kalian yang ingin menjadi Backpacker Tangguh dan handal.

4. Kamu mesti memiliki fisik kuat
Fisik sangat diperlukan dalam backpacker, karena itu kamu mesti rajin berolahraga, pola makan teratur dan istirahat yang cukup sebelum backpacking, minimal kamu harus lakukan itu sebulan sebelum pergi Traveling.
Pola tidur yang baik adalah 7 hingga 8 jam, sementara olahraga yang minimal yaitu biasakanlah jogging di pagi hari dan berolahraga juga dapat membuat kamu tidur pulas dimalam harinya. Dan pola makan yang teratur 3 kali sehari dan perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan serta perbanyak minum air, 8 gelas perhari.

5. Bawalah barang seperlunya supaya kamu tak kerepotan selama perjalanan.
Usahakan membawa satu ransel saja. Membawa tas slempang kecil untuk barang-barang yang akan sering kemu keluarkan, juga sangat disarankan. Bawalah barang-barang seperlunya. Semakin banyak barang yang kamu bawa, selain berat, berarti semakin banyak pula barang yang harus kamu jaga. Kamu nggak mau kan nanti ada barang-barangmu yang tertinggal atau bahkan di curi penjahat.
Pilihlah sepatu atau pakaian yang tak perlu perawatan khusus. Selain itu buatlah pula daftar barang-barang yang kamu bawa agar kamu tahu kalau ada barang yang hilang ataupun tertinggal.

6. Kamu mesti bisa berkomunikasi dengan baik.
Ya komunikasi yang baik bisa membawakan kita keberuntungan, hehehe. coba aja kalau kamu lagi Backpacker kemana gitu, contoh di Australia dah, Nah disitu Uang atau perbekalan kamu hampir habis, Nah diseberang jalan ada tukang sate, disitulah kemampuan kamu diuji dalam bernegosiasi,
ingat kata saya Komunikasi yang baik dapat menghasilkan keberuntungan, nah kalau bahasa inggris kamu masih belepotan, Saya menyarankan sebelum pergi Traveling kamu mesti menulis kata-kata penting, dan langsung pada intinya, seperti " SAYA LAPAR, BOLEHKAH SAYA MEMINTA MAKANAN ? "


7. Berbaurlah dengan warga sekitar, kamu akan mendapatkan surga-surga tersembunyi.
 
Jangan pernah menjadi traveler yang asing dengan tempat yang kamu kunjungi. Cobalah untuk akrab dengan penduduk setempat. Bagikanlah senyum kepada mereka. Tak jarang, dari obrolan-obrolan ringan dengan mereka kamu akan menemukan tempat yang lebih bagus atau toko oleh-oleh yang lebih murah.

8. Kontrol nafsumu selama perjalanan.
Memang datang ke tempat yang baru itu sangat menyenangkan. Semuanya pasti ingin kamu kunjungi. Ingin pergi kesana, ingin membeli itu, mau foto disana. Banyak lho kejadian orang yang tiba-tiba kalap dan lupa dengan rencana yang mereka buat. Nanti kamu bisa kehilangan waktu dan uang. Padahal itu adalah dua hal yang paling krusial dari setiap perjalanan. Selalu ingat dengan sisa waktu dan budget yang kamu miliki.

9. Pilihlah destinasi-destinasi yang ramah dengan wisatawan
 
Bukan jaminan backpackeran ke tempat yang lebih “kota” akan lebih aman dari tempat yang “desa”. Tingkat kecopetan di Eropa relatif tinggi lho, apalagi di Paris dan Itali. Lagi-lagi, lihatlah referensi dari cerita perjalanan orang lain. Pilihlah tempat-tempat yang relatif aman terhadap wisatawan untuk mengurangi resiko masalah yang datang.

10. Selalu update tiket promo pesawat, kereta, dan harga penginapan biar perjalanmu bisa seirit mungkin.
Hal paling penting buat jadi backpacker adalah kesiapsiagaan ketika ada promo pesawat atau kereta yang tiba-tiba datang. Ya, kita tau sendiri biaya paling tinggi buat backpacker-an itu ya di transport dan penginapan. Kamu harus siap ketika promo datang, harga tiket pesawat bisa murah banget bahkan bisa gratis.

Share this

Comments
0 Comments

0 Comment to "Persiapan Petualangan Ala Backpacker"

Post a Comment