Saturday, 7 October 2017

Tips Sebelum Mendaki Gunung Untuk Pemula

Bukan anak milenial Indonesia namanya kalau tidak mendeklarasikan mendaki gunung sebagai salah satu hobinya. Tidak sulit sebenarnya untuk mengetahui apa yang menjadi pesona naik gunung sebagai alternatif hiburan yang sangat populer belakangan ini. Mendaki gunung menjelajahi alam terbukti memberikan efek relaksasi yang bisa meredakan stress dan membuat kita lebih bahagia.

Namun mendaki gunung sebaiknya tidak dianggap enteng. Perlu persiapan khusus yang harus dilakukan para pendaki, terutama kondisi fisik dan mental yang bugar. Menganggap remeh persiapan bisa berakibat fatal.

Jika Anda seorang pemula atau yang kurang pengalaman tentang pendakian dan ingin mendaki gunung, cobalah simak tips aman mendaki gunung berikut ini.

1. Mengecek lokasi pendakian
Sebelum memulai pendakian Anda disarankan mengecek dahulu lokasi pendakian dan mengetahui jalur pendakian yang akan dilewati. Apakah keadaan gunung saat itu dalam kondisi baik untuk didaki atau kondisi gunung siaga satu dan tidak layak untuk didaki.
Bertanya kepada teman yang sudah hafal jalur pendakian juga penting dilakukan agar kita lebih siap melewati medan.

2. Persiapkan fisik sebulan sebelum pendakian dengan berolahraga
Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang bugar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan olahraga sebulan sebelum pendakian. Olahraga yang biasa dilakukan biasanya jogging atau lari.

3. Bawa barang yang penting saja
Mendaki gunung bukanlah piknik yang segala sesuatunya harus dibawa. Pilihlah barang bawaan dengan bijak. Selain hanya menambah beban tas, membawa barang secara berlebihan juga bisa menghambat pendakian, misalnya membawa tikar dengan gulungan besar.

4. Sleeping bag dan tenda
Untuk perlengkapan tidur, diperlukan tenda dan sleeping bag. Untuk tenda, silakan bawa tenda sesuai dengan jumlah peserta yang ikut. Membawa tenda terlalu besar juga terkadang bisa menghambat pendakian karena beratnya.
Untuk sleeping bag, silakan membawa sleeping bag yang sudah teruji kualitasnya. Selain itu, membawa matras juga sangat penting untuk keperluan tidur. Karena biasanya tanah yang digunakan sebagai alas tetap terasa dingin meskipun sudah menggunakan sleeping bag.

5. Membawa jaket sesuai ketinggian
Jaket atau pakaian hangat yang berbahan katun atau wol adalah pilihan baik untuk mendaki gunung. Dan ingat jangan membawa jaket atau pakaian yang berbahan jeans karena bahan ini memang nampak kuat dan praktis, tetapi sulit sekali kering apabila basah.

6. Sesuaikan jenis ransel (carrier)
Carrier atau tas besar adalah perlengkapan utama dalam pendakian. Gunakanlah tas yang sesuai dengan tubuh Anda. Bila Anda bertubuh kecil, disarankan menggunakan tas yang tidak terlalu besar. Karena bentuk dan berat tas yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan saat mendaki.

7. Memakai sepatu hiking
Kegiatan utama dalam mendaki gunung adalah berjalan dan perlindungan terhadap kaki harus benar-benar diperhatikan. Kaki harus terlindung agar tidak terluka di sepanjang perjalanan. Sepasang sepatu hiking sangat tepat untuk perlindungan kaki saat pendakian.

8. Perlengkapan obat P3K
Perlengkapan obat P3K adalah perlengkapan yang harus dibawa pendaki, misalnya obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.

9. Jas hujan
Jas hujan sangatlah diperlukan untuk melindungi tubuh dan seisi tas jika turun hujan saat pendakian. Sebab seringkali cuaca di gunung kurang bersahabat dan turun hujan yang cukup lebat.
Apabila hujan cukup deras, ada baiknya berhenti sejenak dan mendirikan tenda sementara untuk berteduh. Hindari juga menggunakan telepon genggam atau gadget ketika sedang turun hujan yang berpotensi petir.

10. Mengatur manajeman logistik dan bahan makanan yang mencukupi
Tips membawa makanan dalam mendaki gunung juga penting. Bawalah makanan yang ringan, ringkas namun cukup mengandung kalori. Juga bahan makanan yang cepat dimasak. Jangan membawa dan mengonsumsi minuman beralkohol karena meskipun hangat namun minuman beralkohol dapat memicu pecahnya kapiler darah karena terlalu cepatnya kapiler darah memuai dalam tubuh.

11. Memperoleh izin dan melapor pada pos pendakian
Ok, jika persiapan dan peralatan yang di bawa sudah siap lanjut ke tahap selanjutnya yaitu musti melapor dan memperoleh izin dari pihak-pihak terkait terutama di pos pendakian. Di pos pendakian ini, isilah buku tamu dengan mencantumkan lama pendakian, alamat lengkap dan nomor telepon keluarga atau teman yang dapat dihubungi bila terjadi musibah di gunung. Setelah kembali (turun) dari mendaki gunung jangan lupa untuk melapor kembali ke Pos Pendakian.

12. Tidak merusak alam dan menjaga lingkungan sebaik-baiknya.
Menikmati keindahan alam tanpa merusak atau menyakiti alam tentu akan semakin indah. Karena itu selama pendakian hindari perbuatan-perbuatan yang dapat merusak keindahan dan keseimbangan alam seperti melakukan aksi coret-coret (vandalisme), menebang tumbuhan sembarangan, menangkap hewan, memetik bunga (seperti edelweiss), maupun membuang sampak non-organik

Share this

Comments
0 Comments

0 Comment to "Tips Sebelum Mendaki Gunung Untuk Pemula"

Post a Comment