Wednesday, 22 November 2017

UMK ( Upah Minimum Kabupaten/Kota ) Jawa Tengah 2018

Hai sobat traveller, kali ini saya tidak sharing artikel tentang lokasi wisata, ataupun pengalaman wisata, tetapi akan berbagi informasi tentang UMK ( Upah Minimum Kabupaten/Kota ) Jawa Tengah 2018, pasti banyak yang penasaran ingin tahu berapa sih upah/gaji UMK Jawa Tengah di tahun 2018, untuk itu saya akan membagikan informasi ini untuk Anda.
DATA Lengkap UMK 2018 di Jawa Tengah yang Baru saja Diumumkan Gubernur Ganjar
Tribun Jateng/hermawan handaka

Dikutip dari TRIBUNJATENG.COM , Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menandatangani surat keputusan tentang upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2018. Surat keputusan tersebut ditandatangani pada 20 November 2017.
Dalam penetapan UMK ini, menggunakan acuan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan. Di beberapa kabupaten/kota bahkan nominalnya ada yang melebihi ketentuan dalam PP yang harus naik 8,71 persen.

Dalam SK yang ditandatangani gubernur tersebut, terdapat sejumlah poin di antaranya bahwa upah minimum ini adalah upah bulanan terendah terdiri dari upah pokok termasuk tunjangan tetap.

UMK ini juga berlaku bagi buruh dengan tingkat terendah yang mempunyai masa kerja kurang dari setahun.

Adapun nominal UMK 2018 yang telah disetujui oleh Gubernur Jateng yaitu:
1. Kota Semarang : Rp 2.310.087,50
2. Kabupaten Demak : Rp 2.065.490
3. Kabupaten Kendal : Rp 1.929.458
4. Kabupaten Semarang : Rp 1.900.000
5. Kota Salatiga : Rp 1.735.930,06
6. Kabupaten Grobogan : Rp1.560.000
7. Kabupaten Boyolali : Rp 1.651.650
8. Kota Surakarta : Rp 1.668.700
9. Kabupaten Sukoharjo : Rp1.648.000
10. Kabupaten Sragen : Rp 1.546.492,72
11. Kabupaten Karanganyar : Rp1.696.000
12. Kabupaten Wonogiri : Rp 1.524.000
13. Kabupaten Klaten : Rp1.661.632,35
14. Kabupaten Batang : Rp 1.749.900
15. Kota Pekalongan : Rp 1.765.178,63
16. Kabupaten Pekalongan : Rp 1.721.637,55
17. Kabupaten Pemalang : Rp 1.588.000
18. Kota Tegal : Rp 1.630.500
19. Kabupaten Tegal : Rp 1.617.000
20. Kabupaten Brebes : Rp 1.542.000
21. Kabupaten Blora : Rp 1.564.000
22. Kabupaten Kudus 1.892.500
23. Kabupaten Jepara : Rp 1.739.360
24. Kabupaten Pati : Rp 1.585.000
25. Kabupaten Rembang : Rp 1.535.000
26. Kota Magelang : Rp 1.580.000
27. Kabupaten Magelang : Rp 1.742.000
28. Kabupaten Purworejo : Rp 1.573.000
29. Kabupaten Temanggung : Rp 1.557.000
30. Kabupaten Wonosobo : Rp 1.585.000
31. Kabupaten Kebumen : Rp 1.560.000
32. Kabupaten Banyumas : Rp 1.589.000
33. Kabupaten Cilacap : Rp 1.841.209
34. Kabupaten Banjarnegara : Rp 1.490.000
35. Kabupaten Purbalingga : Rp 1.655.200.(*)

Demikian informasi UMK Jawa Tengah Tahun 2018. Semoga bermanfaat.
Sumber : http://jateng.tribunnews.com/2017/11/21/data-lengkap-umk-2018-di-jawa-tengah-yang-baru-saja-diumumkan-gubernur-ganjar

Monday, 20 November 2017

Spot Foto di Atas Awan Goa Kreo - Semarang

Seperti daerah wisata populer lainya misal Jogja. Semarang juga termasuk kota yang sering dijadikan destinasi liburan,  Selain kota tua-nya yang menarik, kuliner Semarang juga punya tempat tersendiri di hati. Nah, ada spot foto yang baru nih dari Kota Lumpia. Lokasinya ada di Goa Kreo - Waduk Jatibarang, memang apa sih yang baru? oke mari disimak :
Foto di atas awan, Duh manisnya 😃 [ instagram @selfianahermansyah ]

Tempat wisata Goa Kreo Semarang adalah merupakan goa yang sangat dipercaya menjadi petilasan Sunan Kalijaga pada waktu mencari kayu jati untuk membangun Mesjid Agung Demak. Pada saat itu menurut legenda Sunan Kalijaga berjumpa dengan sekawanan kera yang selanjutnya disuruh menjaga kayu jati itu. Dan untuk kata KREO ini asalnya dari kata Mangreho yang berarti peliharalah ataupun jagalah. Dan kata inilah yang selanjutnya menjadikan goa ini disebut dengan Goa Kreo. Dan setelah itu kawanan kera yang bertempat kawasan ini dianggap sebagai penunggu dari goa ini.

Goa Tempat Sunan Bertapa

Gua ini dipercaya sebagai tempat bertapa Sunan Kalijaga. Dulunya, gua ini sangat panjang dan ujungnya bisa berada di kota lainnya, yaitu Demak atau Kendal.

Dijaga oleh ratusan kera
Kera di Goa Kreo
Kera yang sudah jinak [image-source]
Banyak kera di Goa Kreo
Kumpulan Para Kera [Image Source]
Para guide di Gua Kreo menceritakan bahwa hingga kini lokasi ini dijaga oleh ratusan kera liar. Meski begitu, mereka sudah sangat terbiasa dengan kehadiran wisatawan. Namun, ada baiknya pengunjung yang datang tidak mengenakan aksesoris yang bisa menarik perhatian kera, seperti kaca mata, topi, dan yang lainnya. Diharap juga wisatawan yang datang tidak membawa makanan berlebih atau minuman yang bisa direbut para penunggu gua ini.

Pemandangan Sekitar Goa Kreo
Foto dengan Patung Monyet 😀 [ Foto Agung Fajar Baru ]
Lokasinya sangat pas untuk sekedar menghabiskan akhir minggu bersama keluarga. Gua ini letaknya berada di tengah-tengah Waduk Jatibarang yang semakin menambah indah panorama di sekitar.

Wahana Baru di Goa Kreo
Seperti yang saya sampaikan tadi di awal, Goa Kreo memiliki wahana baru, contohnya adalah Rumah Bambu, Gardu Pandang dan Spot foto di Atas Awan. 
Rumah Bambu di Goa Kreo
Rumah Bambu [Image Source]
Gardu Pandang [ instagram @yuwias ]
Yang dimaksud dengan berfoto di atas awan bukanlah seperti yang di kawasan pegunungan dengan background awan. Akan tetapi melainkan sebuah tempat yang letaknya berada di sekitar waduk jatibarang. Dan di tempat ini ada semacam bulu putih yang halus/ kapas / busa ataupun dari spon yang nampak seperti halnya awan yang berwarna putih. Dan Anda dapat berfoto di tempat ini dengan background keindahan waduk jatibarang dan hijaunya pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi.
Foto di atas awan [ instagram @nikhlahanna ]

Mbak cantik Foto di atas awan [ instagram @yolandaferiska ]

Spot Foto di Atas Awan Goa Kreo merupakan sebuah objek wisata kekinian yang cukup booming khususnya bagi kalangan anak-anak muda Semarang. Jika Anda adalah pecinta keindahan alam, tempat ini sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata saat berakhir pekan.

Harga Tiket Masuk
Agar dapat menikmati keindahan alam goa kreo dan waduk Jatibarang sambil berselfie ria sepuasnya, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4000 / orang. Harga tiket masuk yang sangat terjangkau bukan? tetapi harga ini sewaktu-waktu bisa berubah.

Lokasi dan Rute Goa Kreo Jatibarang Semarang 
Dan untuk kawasan wisata semarang dengan spot foto di atas awan goa kreo serta waduk jatibarang ini masih terdapat pada kawasan Semarang, Jawa Tengah. Lokasi Goa Kreo tepatnya berada di Kecamatan Gunungpati di Jl. Raya Goa Kreo, Kelurahan Kandri. Sedangkan dari pusat Kota Semarang dengan jarak kurang lebih 13 km.

Rute Goa Kreo beserta Waduk Jatibarang bisa diakses melalui Kalibanteng. Dari arah ini, ambilah arah Jalan Abdul Rahman Saleh. Kemudian ikutilah terus jalan yang menuju ke Gunung Pati. Setelah anda sampai di Desa Sadeng, carilah pintu gerbang yang bertuliskan Desa Wisata Kandri. Dari tempat ini selanjutnya anda belok kanan. Untuk para pesepeda yang gemar dengan trek naik-turun, Goa Kreo bisa menjadi destinasi wisata yang sangatlah menantang. Sesampainya di tujuan, kita dapat sekaligus berwisata di tempat ini.

Itulah informasi mengenai Spot Foto di Atas Awan Goa Kreo dan Pemandangn Waduk Jatibarang. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan referensi wisata saat Anda berkunjung ke Kota Semarang.

Saturday, 18 November 2017

Kalender 2018

Jadwal Liburan
Hallo Traveller

Sudah tidak sabar ingin tahu mengenai hari libur di tahun 2018? berikut jadwal libur kalender 2018 bisa kalian simak di atas atau coba saya jelasin sedikit liburan di tahun 2018 ini, semoga bagi sahabat triper bisa prepare menyesuaikan kerjaan di tahun depan dan bisa berlibur dengan penuh  kegembiraan tanpa ganguan yang menghadang.

Dari ilsutrasi diatas bahwasanya di Bulan Januari hanya ada libur 1 yaitu di tahun baru jadi untuk sementara kita ngetri yang dekat saja dulu .

Bulan Februari terdapat hanya 1 hari yang jatuh pada hari jumat ini bisa jadi rekomendasi kita melnacong agak jauh karena kita mendapatkan libur di hari berikutnya yaitu sabtu dan minggu 3 hari cukup untuk ke luar Kota atau bahkan ke Singapore dan Malaysia tinggal pilih destinasi yang sekiranya cukup hanya 3 hari berwisata.

Untuk bulan Maret terdapat dua hari libur yang jatuh pada tgl 18 dan 30 dimana pada tangga 18 jatuh di hari minggu wah ini mah sama aj memang libur mending kita santai saja di rumah menikmati rokok sambil ngopi di teras. Sedangkan untuk tgl 30 jatuh pada hari jumat nahhh,, ini jadi alternatif liburan panjang kedua di tahun 2018 bisa dijadwalkan liburan kemana untuk 3 hari atau nambah cuti 1 hari tdk apa apa.

Bulan April libur jatuh pada tanggal 13 di hari jumat lagii asikk gas lagi ini yang dekat saja karena di bulan maret kita sudah cuti untuk bulan april ambil liburan yang berjarak kurang dari 200km asik buat lemesin badan sambil motoran.

Bulan Mei banyak liburnya akan tetapi jatuh pada hari yang kurang tepat dimana pada tgl 1 jatuh pada hari selasa, tgl 10 kamis, dan tgl 29 selsa mending bulan ini kita ngerest dulu mainya sambil ngupulin piti untuk bulan depan.

Bulan Juni terdapat libur banyak dimana ini adalah bulan puasa dan lebaran pada tgl 1 diperingati hari pancasila yang jatuh pada tgl 1 tepat hari jumat kita bisa liburan kemana saja akan tetapi ini puasa bagi yang puasa mending liburan di ruma saja. Untuk tgl 15-16 adalah hari idul fitri kamu bisa agendakan liburan di kampung karena biasanya di tanggal sebelum dan sesudah lebaran ada cuti bersama, libur panjang masa lebaran.

Bulan agustus ada dua tgl merah yaitu tgl 17 hari kemerdekaan yang jatuh pada hari Jumat , nah ini bisa merayakan kemerdekaan sambil touring  kota tetangga karena hari jumat lumayan buat liburan jauh. Untuk tgl 22 jatuh pada hari rabu mending kita ngopi di rumah sambil bersih-bersih rumah.

Bulan Setptember ada 1 hari libur yang jatuh pada hari rabu, untuk bulan ini mending nahan dulu untuk liburan.

Bulan Nov. ada libur satu hari yaitu hari muludan yang jatuh pada hari selasa kita fokus dirumah sambil belajar Agama dan sejarah Islam bagi kaum muslimin.

Bulan Desember lest goo kita keliling Indonesia karena di bulan ini ada libur bareng kurang lebih 1 minggu kita bisa memanfaatkan libur bersama dan mengambil cuti biar makin ganas liburannya.
Untuk lebih lengkap lihat gambar di bawah ini :

 KALENDER 2018
Kalender 2018

Demikian informasi mengenai jadwal libur nasional di tahun 2018 semoga memberikan manfaat buat para pembaca umumnya, dan para traveler khususnya untuk menjadwalkan liburanya.

Alasan Kenapa Traveler Adalah Pacar Terbaik

Sering gak dengar nasihat kalau kamu harus punya pacar dengan tipe A-B-C-sampai Z? Misalnya, “Kamu harus cari pacar yang pinter, tau!” atau “Cari pacar yang kerja di bank, biar hidupmu mapan” sampai alasan konyol macam “Kalau mau pacaran harus sama yang rajin beribadah, biar kamu juga ikutan masuk surga”.
Image result for seorang traveler adalah pacar terbaik
Berbeda dengan saran kebanyakan, kali ini saya akan mempromosikan traveler sebagai calon pasangan terbaik untukmu. Dia yang suka jalan-jalan, menghabiskan uangnya untuk menjelajahi tempat-tempat baru ternyata bisa jadi pasangan yang membahagiakanmu. loh kok bisa gitu?
Langsung saja simak artikel di bawah ini.

1. Dia Tahu Cara Merayakan Kehidupan
Kamu akan diajari cara merayakan kehidupan, salah satu kualitas yang oke kalau ada di pasangan adalah saat kamu dan dia bisa sama-sama merayakan kehidupan. Maksudnya merayakan kehidupan disini adalah kamu dan dia bisa berbagi pengalaman dan merasakan pengalaman baru bersama.

Punya pasangan seorang traveler akan merubah cara pandangmu terhadap hidup. Kamu nggak akan lagi stuck pacaran cuma nonton atau makan di restoran. Ngerasain hal baru bareng pasangan pasti nyenengin dong ya.


2. Kalian Gak Akan Gampang Jenuh
Agenda pacaran kok standar. Isinya cuma nonton-jalan ke mall-makan-pulang. Kalau 3 tahun begitu terus ya bosan lah! Kebosanan karena hal yang stagnan macam ini gak akan terjadi kalau kamu punya pacar yang hobi traveling. Dia selalu punya ide baru harus membawamu kemana.

Karena pengalaman jalan-jalannya banyak, yang di otaknya bukan cuma hal-hal standar yang sering dilakukan pasangan lain. Jangan kaget kalau suatu hari dia tiba-tiba mengajakmu kencan sambil sand-boarding. Atau merayakan anniversary kalian dengan naik Gunung Rinjani bersama-sama. Seru kan?


3. Sama Dia Bersenang-Senang Gak Harus Hedon
Saat orang lain merasa harus punya tablet keluaran terbaru, dia santai aja dengan ponsel sederhana yang cuma bisa SMS dan telpon. Toh semua kegiatan yang berhubungan dengan internet masih bisa dilakukan via laptop. Waktu teman-teman kalian merasa perlu nonton konser artis luar negeri yang harga tiketnya jutaan, dia malah menggunakan uangnya untuk menjajal jalur Trans-Sumatra.

Perjalanan mengajarkan dia cara bersenang-senang yang tidak dekat dengan materialisme. Mengenal berbagai tipe orang dari banyak daerah membuat pasanganmu sadar bahwa untuk bahagia seseorang tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang.  Kalau lihat pantai sambil dengar lagu aja sudah bisa bikin bahagia, kenapa harus membuang uang untuk pengeluaran yang nggak perlu?


4. Kamu Akan Punya Hubungan yang Unik

Kalau orang lain biasanya dikasih cokelat atau bunga di kencan pertama, kamu malah dapat batu yang khusus dia ambil dari Puncak Mahameru. Teman-temanmu berantem sama pacarnya soal akan nonton film apa di bioskop, sementara kalian akan ngotot mempertahankan destinasi tujuan wisata berikutnya.

Bersiaplah terharu saat dia menuliskan namamu di pasir puncak Rinjani dan mengirimkan fotonya setelah dapat sinyal. Kalau tiba-tiba dia menghilang, jangan langsung mikir macam-macam. Pacaran sama traveler akan memberikanmu dinamika percintaan yang berbeda.


5. Dia Gak Akan Protes Diajak Susah
Diajak susah? Gak masalah Alasan Kenapa Traveler Adalah Pacar Terbaik Alasan Kenapa Traveler Adalah Pacar Terbaik 4fbef3b301b28
Diajak susah? Gak masalah
Males punya pacar manja yang gak bisa diajak merakyat? Sama seseorang yang hobi jalan-jalan kesusahan macam apapun akan dihadapi dengan santai. Dia sudah terbiasa duduk di kursi kapal yang keras selama berhari-hari, sepanjang perjalanan nggak jarang dia harus berganti naik bus tanpa AC berulang kali.

Mau dihadapkan pada kesusahan apalagi? Makan di pinggir jalan, naik kendaraan umum, gak beli kopi di cafe dulu demi hemat uang? Keciiil. Semuanya gak ada apa-apanya dibandingkan rintangan yang dia alami saat di perjalanan. Dia sadar banget bahwa kesusahan adalah bagian integral dari hidup yang harus dihadapi.


6. Traveler Itu Terbuka dan Punya Pengetahuan Luas
Bukan berarti dia punya IPK 4,0 atau selalu juara 1 di kelas. Dia justru gak cuma menyerap ilmu dari sekolah, tapi mendapatkannya lewat perjalanan. Pasanganmu yang hobi jalan-jalan akan fasih bicara dengan logat Dayak. Tanpa kamu sadar kapan dia belajar, dia dengan luwes menyapa pegawai rumah makan Padang dengan panggilan “Uda” hingga makanan kalian didiskon.

Mengencani pejalan sama dengan mencintai seseorang yang selalu siap menerima perbedaan. Jangan khawatir dia nggak bisa menerima heterogennya keluargamu yang beda agama, dalam hidupnya dia sudah terbiasa menghadapi masalah di luar zona nyamannya kok.


7. Gak Perlu Takut Dia Bergantung, Traveler Pasti Sangat Mandiri
Perjalanan mengajarkannya cara bergantung pada kemampuan diri sendiri. Dia sudah biasa mengatur semua kerepotan perjalanan tanpa bantuan siapapun. Dia bukanlah orang yang harus ditemani untuk melakukan kegiatan remeh.

Selama ini kamu merasa kalau punya pacar kamu nggak punya waktu bagi diri sendiri? Menjalin hubungan dengan seorang pejalan akan memberikanmu ruang untuk tetap bebas melakukan hal yang kamu mau.


8. Dia Mudah Beradaptasi
Kalau dia bisa pergi ke daerah lain dan menetap disana sekian lama tanpa masalah, tentu beradaptasi dengan kehebohan keluarga besarmu akan mudah dilakukan. Gak perlu khawatir dia gak bisa menyesuaikan diri dengan teman-temanmu. Membina hubungan dengan orang yang baru dikenal adalah hal normal baginya.


9.  Dia Tahu Cara Menghargai Uang
Mendanai perjalan secara regular bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Dia perlu menyimpan uang, bahkan menemukan pekerjaan tambahan untuk mencukupi anggaran perjalanan. Dibanding menggunakan uang untuk kebutuhan tersier yang tidak begitu penting, dia akan memilih menyimpannya.

Pasanganmu bisa membuat prioritas pengeluaran. Dia tahu mana yang penting diletakkan dalam pos anggaran, mana yang bisa menunggu. Kebutuhan mana yang mendesak dan hal mana yang hanya sekadar keinginan.


10.  Kalian Tidak Akan Kekurangan Spontanitas
Image result for seorang traveler adalah pacar terbaik
Menjalin hubungan cinta dengan pejalan akan mengajarkanmu arti spontanitas yang sesungguhnya. Kalian bisa dengan sangat impulsif memutuskan pergi ke pantai sepulang kerja. Jika ditanya kenapa jawabannya sederhana, “Karena bisa dan karena ingin“.

Bersamanya kamu akan sadar bahwa spontanitas di tengah teraturnya aktivitas akan membuat diri selalu segar. Dia yang sudah biasa menghadapi rencana perjalanan yang berubah tentu punya insting spontanitas yang kuat.


11. Dia Lebih Mudah Menerima Kekuranganmu
Kamu suka ngorok atau bergumam nggak jelas saat tidur? Atau super pelupa sampai handphone udah hilang puluhan kali? Kalau dapat pasangan yang nggak pengertian pasti gak enak banget ya rasanya. Dikit-dikit diomelin, lupa dikit udah kena semprot.

Punya pacar seorang traveler akan memberikanmu dia yang bisa menerima kekurangan. Bagaimana tidak, dia sudah biasa berinteraksi dengan berbagai orang dari seluruh dunia yang kelakuannya bisa lebih ajaib dari kamu. Gak perlu khawatir dia gak bisa tahan dengan kebiasan ngorokmu, dalam perjalanan keliling Asia Tenggara dia pernah berbagi kamar dengan 20 orang pejalan lainnya yang nada ngoroknya macam-macam, kok.


12. Jika dia Memilihmu, Maka Dia Benar-Benar Mencintaimu
 Image result for seorang traveler adalah pacar terbaik
Dia sudah melihat banyak orang dari seluruh dunia. Perjalanannya sudah mempertemukan dia dengan berbagai pribadi yang lebih menarik dari kamu. Tapi, dia memilihmu.

Dia punya pilihan untuk menjejakkan kaki di belahan lain dunia, dibanding menemanimu makan Bakmi Jawa. Saat dia memasukkanmu sebagai bagian dari perjalanan hidupnya, kamu patut bersyukur. Kamulah rumah yang telah dipilihnya untuk selalu kembali.

Masih ragu untuk menjadikan dia yang hobi jalan-jalan jadi pacarmu? Buruan! Keburu digebet orang lain, loh. Ngomong-ngomong, admin blog ini juga masih single. 😆👍

Friday, 17 November 2017

Travel Blogger, Peluang Unik antara Bisnis dan Hobi

Image result for bisnis untuk travel blog

Jika Anda ingin melakukan sesuatu dalam jangka panjang yang bisa menghasilkan banyak pundi-pundi uang, maka dekati dan kerjakan sesuatu yang kamu sukai, seperti hobi. Memang tidak bisa dipungkiri jika melakukan sesuatu dengan hati maka hasilnya pun lebih terlihat. Nah, kali ini saya akan berbagi artikel yang diperuntukkan untuk mereka yang gemar travelling, memotret, serta berbagi cerita, yaitu travel blogger. Kegiatan para travel blogger ini terbilang sangat menyenangkan. Bayangkan saja, anda bisa berpetualang menikmati keindahan sekitar, berbagi kepada orang lain dan penghasilanpun bisa kamu dapatkan.
 
Tidak mudah menjadi seorang travel blogger. Dibutuhkan passion yang tinggi dan juga banyak pengetahuan berkaitan dengan dunia travelling agar nantinya, blog kamu bisa bersaing dengan blog para travel blogger lainnya. Lebih lengkapnya saya uraikan dibawah ini:

1. Menulis dengan kontinyu dan pastikan berkualitas
Seorang pengunjung menilai sebuah blog tidak hanya dari kualitas artikel yang disajikan namun dari postingan yang kontinyu. Kedua hal tersebut merupakan aturan penting ketika memutuskan untuk menjadi seorang travel blogger. Namun, tidak usah membuat aturan untuk menulis artikel setiap hari, paling tidak tulislah sebuah artikel untuk dua minggu dengan kualitas yang bagus dan pastikan berjalan dengan teratur.
 
2. Tetapkan niche sesuai dengan keahlian
Ingat, kesuksesan berawal dari hal yang kamu sukai. Karena hal itulah pilih niche untuk blog yang tepat sesuai dengan keahlian. Sebagai contoh, kamu mempunyai keahlian dalam bidang fotografi, maka pilihlah niche fotografi.

3. Pilih platform media sosial
Sekarang ini banyak bermunculan media sosial baru setiap harinya sehingga manfaatkanlah sebaik mungkin. Setiap platform biasanya memiliki target market dan kecenderungan yang berbeda sehingga kamu harus memahaminya dengan jeli sebelum memulai terjun ke media sosial. Sebagai travel blogger, ada tiga media sosial unggulan yang kerap digunakan para travel blogger untuk meningkatkan kesuksesan mereka antara lain Facebook, Instagram dan Youtube. Maksimalkanlah penggunaan media sosial ini agar branding blog kamu bisa berjalan lancar.
 
4. Promosi
Agar lebih banyak orang yang tahu blok kamu, ada baiknya untuk sering berpromosi. Promosi bisa dilakukan dengan beragam cara namun yang pasti ketika melakukan promosi di online ada kamu harus mempelajari teknik SEO dan masuk dalam beragam komunitas dengan passion yang sama.
 
5. Rajin melakukan blog walking
Cara satu ini terbilang sangat ampuh karena dengan ini kita bisa saling bertukar informasi antar blogger. Tidak hanya itu saja, dengan kerap menuliskan postingan dengan tema yang sama dengan keahlian akan membuat nama kita dikenal di jajaran travel blogger.

Nah, itulah beberapa cara sukses menjadi seorang travel blogger. Tunggu apa lagi? Jika Anda suka travelling dan fotografi maka pekerjaan ini akan sangat cocok untuk kamu. Hobi sekaligus mendapatkan pundi-pundi uang,Selamat mencoba!

Wednesday, 15 November 2017

Tips Membuat Travel Blog

Tips membuat travel blog atau lebih tepatnya membuat dan mengelola blog untuk pemula seperti saya sebenarnya juga masih tingkat pemula, tapi tidak ada salahnya saya berbagi pengalaman untuk membuat dan mengelola blog dalam hal ini adalah blog dengan tema / nice travel. Tampak songong sekali saya menyebut “pemula” seolah-olah saya seorang senior yang tahu segalanya. Tunggu dulu, kata “pemula” di sini dapat diartikan sebagai orang yang akan memulai membuat blog baru atau orang yang sudah lama terjun di dunia blog. Loh kok bisa orang yang sudah lama terjun di dunia blog dikategorikan sebagai “pemula”? Percayalah, di dalam dunia teknologi, ungkapan “di atas langit, masih ada langit” akan terus berlaku selamanya. Jangan salah, orang yang sudah lama berkecimpung di dunia blog pun terkadang masih kurang percaya diri dan masih perlu banyak belajar seolah-olah mereka adalah seorang newbie yang baru kemarin sore membuat blog. Selalu saja ada hal yang baru yang tak ada habisnya untuk dipelajari.
Okelah, tulisan berikut adalah tips yang terinspirasi dari pengalaman  saya dalam membangun zonatravelling.com. Hal-hal yang perlu diketahui jika kamu ingin memulai membuat blog dan terus bertahan di dunia blog antara lain sebagai berikut:
 
1. Mendaftar Blog
Langkah pertama adalah dengan mendaftar blog. Tentu saja ini syarat mutlak untuk membuat blog. Banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog. Cobalah yang gratisan dulu misalnya WordPress.com, Blogger.com (blogspot), Tumbr.com atau penyedia blog gratis lainnya. Coba berbagai macam platform tersebut, kemudian tentukan platform mana yang kamu suka dan kamu nyaman memakainya. Mengapa mencari yang gratis? Karena membangun blog itu membutuhkan konsistensi. Penyakit blogger yang sering kambuh adalah malas meng-update blog. Saya pun juga sering mengalaminya. Bahkan, saya pernah berbulan-bulan tidak menulis di blog. Maka dari itu, untuk tahap awal saya sarankan menggunakan blog gratisan terlebih dahulu. Jika sudah mantap dan mampu membayar untuk jangka panjang, baru dipikirkan membangun blog dengan domain sendiri. Percuma kan sudah membayar mahal-mahal tapi tidak pernah diurus?

Awalnya, website zonatravelling.com juga menggunakan jasa blog gratisan di Blogger.com (blogspot) dengan nama blog zontrav.blogspot.com. Terus, bagaimana jika sudah menulis banyak artikel, kemudian pengen pindah ke blog dengan nama (domain) sendiri? Apakah saya harus menulis ulang artikel-artikel tersebut ke blog baru saya? Kan capek. Misalnya saya sudah banyak menulis artikel di zontrav.blogspot.com, apakah artikel tersebut bisa dipindah secara praktis ke website pribadi dengan domain zonatravelling.com dengan menghilangkan embel-embel .blogspot.com? Bisa. Tenang saja. Tulisanmu bisa dipindah semua. Yang penting daftar blog dulu. Tutorial membuat blog selengkapnya bisa dibaca di link ini –> Tutorial Membuat Blog di blogger.com
 
2. Tentukan nama subdomain
Apa itu domain? Apa itu subdomain? Tak perlu panjang lebar menjelaskan definisinya, contoh di bawah ini mungkin akan menjelaskan segalanya.

Contoh domain: blogspot.com

Contoh subdomain: zontrav.blogspot.com

Karena masih menggunakan blog gratisan, mau tidak mau blog kita harus menjadi subdomain dari penyedia jasa blog gratisan. Tentukan nama subdomain-mu matang-matang. Bisa menggunakan namamu, bisa menggunakan nama lainnya. Perlu diingat nama subdomain/domain ini akan menempel selamanya seperti merek sebuah produk, jadi perlu dipikirkan matang-matang. Misalnya saya menggunakan subdomain zontrav ( zona travelling ) karena blog saya akan saya isi dengan artikel jalan-jalan. Tidak mungkin dong blog dengan tema jalan-jalan mempunyai nama trikbisnisinternet.blogspot.com hehehe 😅

Sebaiknya, pemilihan tema blog juga spesifik, misalnya blog jalan-jalan berisi artikel tentang reportase jalan-jalan, kuliner, tips seputar jalan-jalan, fotografi, dan segala hal yang berhubungan dengan jalan-jalan. Pernah gak kamu membayangkan sebuah blog dengan tema gado-gado? Misalnya satu blog berisi artikel reportase jalan-jalan, tips merawat motor, tata boga, lowongan pekerjaan, apalagi cerita porno. Agak aneh bukan? Jika membuat blog atau artikel blog, posisikan dirimu sebagai pembaca blog yang membaca blog kamu. Bikin supaya pembaca blog nyaman dan ketagihan dengan blog kamu.

Sekali lagi pilih subdomainmu matang-matang karena akan selamanya menggunakan nama subdomain ini! Jika blog blablabla.blogspot.com mu sukses dan kamu ingin mempunyai domain sendiri, agak lucu jika kamu mengubahnya menjadi oleoleoleole.com, bukan menjadi blablabla.com. Pembaca setiamu akan kebingungan mencari blog favoritnya yang telah berubah nama secara ajaib tersebut.

3. Menulis
Konten tulisan adalah nyawa blogmu. Seburuk apapun tampilan blogmu, jika pembaca sangat membutuhkan informasi di dalam blogmu, dia akan tetap menikmati tulisanmu. Konsep inner beauty sangat berlaku di sini. Ada dua pilihan cara menulis di blog:

a. Menulis dengan teknik yang baik dan benar
Umumnya, artikel yang baik dan benar menggunakan teknik-teknik penulisan sebagai berikut:
– Dalam satu paragraf, paling tidak terdiri dari 2 kalimat.
– Dalam satu paragraf, terdapat kalimat utama yang menjadi topik pembicaraan di paragraf tersebut. Kemudian kalimat utama tersebut dibumbui dengan kalimat-kalimat pendukung untuk menunjang informasi yang terkandung di dalamnya.
– Permanis paragraf dengan kata sambung, kalimat lucu, kalimat sambung ke paragraf selanjutnya, kalimat bombastis, dan kata-kata gaul.
 
b. Lupakan tips (a) yang ribet, menulislah sesukamu (freewriting)
Ya… Lupakan teknik menulis yang baik dan benar yang sudah dijelaskan di atas. Mulailah menulis bebas atau yang lebih dikenal dengan istilah freewriting. Ungkapkan semua yang ada di kepalamu. Setelah kamu menuangkan semua yang ada di pikiran dalam bentuk tulisan, baca sekali lagi tulisanmu untuk memperbaiki typo atau salah penulisan. Jangan takut kualitas tulisanmu jelek. Takut dan malu hanya akan membuatmu berhenti menulis. Ini adalah blogmu, kamu yang punya, kamu yang mengatur segalanya. Saran dan masukan dari orang lain diterima dengan senang hati, cemoohan dan nyinyiran silakan suruh bikin blog sendiri. Gampang kan? Semua butuh proses. Saya sendiri kadang geli sendiri membaca artikel-artikel awal di blog saya. Artikel tersebut dibuat dengan asal-asalan, yang penting hajar. Menurut saya, justru inilah serunya menulis. Yah, walaupun sampai sekarang masih harus banyak belajar menulis, paling tidak tulisan saya sekarang sudah lebih mending dibanding awal-awal ngeblog.

Sertakan gambar dengan ukuran file yang kecil. Kompres atau resize dulu foto-foto yang akan kamu upload dalam ukuran yang lumayan kecil antara 30-200kilobyte (kb). Ukuran foto yang terlalu kecil akan membuat kualitas gambar menjadi jelek. Ukuran foto yang terlalu besar akan membuat loading blog menjadi lambat. Dua-duanya berakibat sama: pembaca akan buru-buru meninggalkan blog kamu.

Berapa jumlah kata dalam satu artikel di blog? Ada beberapa orang bilang harus di atas 300 kata, ada yang menyebut harus di atas 500 kata, bahkan ada yang mempunyai target di atas 1000 kata dalam satu artikel. Mana yang benar? Semuanya benar. Saya mempunyai artikel yang mempunyai jumlah kata yang amat sedikit, namun artikel tersebut banyak dicari orang di Google. Kok bisa? Karena saya menyertakan foto yang bagus dalam artikel tersebut. Mesin logaritma pencarian mereka selalu berubah megikuti perkembangan zaman. Terus aku kudu piye aku harus bagaimana? Tips saya: teruslah menulis dan sertakan foto yang bagus dengan ukuran file yang kecil. Biar waktu yang menjawab.

Jika kamu sudah menulis banyak artikel, baca sekali lagi artikel tersebut dan temukan style menulismu. Ini yang nantinya menjadi ciri khas blogmu. Contoh style menulis saya adalah dengan menyertakan quote dari orang-orang terkenal di awal sebuah artikel. Ciri khas masing-masing orang tak harus sama, pun juga tak harus berbeda. Sering-sering jalan-jalan ke blog lain untuk melihat style menulis mereka. Gaya menulis para bloger tersebut boleh ditiru, boleh tidak. Yang paling penting adalah temukan ciri khasmu sendiri.

4. Submit blog kamu ke search engine  webmaster
Supaya blogmu cepat ‘digerayangi’ oleh search engine semacam Google, Bing, atau Yahoo, daftarkan blogmu ke webmaster mereka. Memasukkan blog yang masih baru ke search engine webmaster ini sangat penting. Bagaimana search engine tahu kamu punya blog, kalo kamu tidak agresif memberitahu mereka? Sebenarnya lama-kelamaan search engine akan menggerayangi blog-mu secara otomatis, tapi untuk mempercepatnya, lebih baik memang submit sendiri ke webmaster mereka. Jika kamu seorang selebritis mungkin tak perlu melakukan hal ini karena Google/Bing/Yahoo yang akan menggerayangi blogmu secara otomatis karena biasanya banyak yang mengakses blogmu.

Bagaimana cara submit blog ke search engine webmaster? Gampang. Login ke Google Webmaster dengan akun Google/Gmailmu. Masukkan website mu, ikuti semua perintahnya. Untuk Bing Webmaster lebih gampang lagi karena tak perlu login.
 
5. Lihat statistik pengunjung sesering mungkin
Cobalah sesering mungkin menengok statistik blogmu. Sering kita akan menemukan keyword-keyword tidak masuk akal bin ajaib yang masuk melalui search engine seperti Google, Bing, atau Yahoo. Keyword-keyword ini menjadi hiburan tersendiri bagi pemilik blog seperti saya. Menurut saya, membaca statistik blog adalah bagian terseru dari suatu blog. Sering-seringlah melihat statistik blog ini karena akan merangsangmu untuk tetap terus menulis. Lihat panduan lengkapnya disini.
 
6. Bangun komunitas
Banyak blog yang sukses karena pemiliknya sering blogwalking (berkunjung ke blog lain dan juga kadang meninggalkan komen). Banyak juga blogger sukses karena membentuk komunitas atau bergabung dengan komunitas blogger sehingga banyak yang berkunjung ke blognya. Membangun komunitas melalui sosial media juga dapat menarik pengunjung ke blog. Sayang sekali tingkat kemalasan saya yang luar biasa tinggi ini membuat saya jarang melakukan teknik ke-6 ini. Lebih tepatnya, saya punya pekerjaan tetap diluar travel blogger yang membuat saya tidak sering blogwalking. Akibatnya? Ya, tidak ada tambahan asupan kunjungan hehehe.

7. Mau komen kok dibikin repot sih?
Pernah kah menjumpai artikel blog yang bagus, trus kita mau komen, eh ternyata harus daftar dulu? Kan males. Akhirnya kita gak jadi komen deh. Nah, untuk menghargai para pembaca yang mau komen coba deh lebih dilonggarin dikit aja. Sebenarnya untuk blogspot sudah menyertakan kolom komentar otomatis di bawah postingan tetapi bisa di ganti dengan disqus. Baca tutorialnya disini.

Ada satu lagi tips ngeblog yang bermanfaat: Desain grafis. Bukan syarat mutlak, tapi kemampuan dalam desain grafis dapat membantu mempercantik tampilan blog dan artikel. Kemampuan desain grafis juga memberi nilai plus, tapi bukanlah sesuatu yang wajib. Jadi tidak perlu dirisaukan. Jika kamu punya kemampuan ini, that’s great. Jika tidak, it doesn’t really matter. Teruslah menulis sesuatu yang menarik.

Itu tadi beberapa tips yang dapat saya bagikan. Oh iya, kalau ada tips lain yang bisa dibagikan, komen di bawah ya…

Banyak blogger yang bosan dan akhirnya meninggalkan dunia blog. Akibatnya, banyak blog yang mati suri atau malah mati beneran. Tips dari saya, selalu lihat poin 5 dan 6 jika kamu ingin blogmu bisa bertahan lama. Sangat disayangkan jika sesuatu yang kamu bangun dengan susah payah berakhir menjadi rongsokan di dunia maya. ya kan?

Well, sekali lagi anggaplah dirimu adalah sang tuan dan blogmu adalah piaraanmu. Jika piaraanmu kamu pelihara dengan baik, dia akan tumbuh dengan baik. Jika peliharaanmu kamu telantarkan, dia akan sekarat bahkan mati secara perlahan. Jika terlalu mengkhawatirkan kondisi peliharaanmu, berarti dia sudah berubah menjadi tuanmu dan kamu menjadi budaknya.

Oh iya… Jujur saya pribadi tidak suka dengan embel-embel WordPress.com, blogspot.com. tumblr.com, dan lain sebagainya di belakang nama blog saya. Bagaimana cara menghilangkan embel-embel tersebut sehingga kita akan mempunyai blog/website pribadi? Silahkan jika Anda ingin merubah nama domain lebih menarik lagi bisa baca di sini : Cara Mengganti Blogspot.Com dengan Domain Sendiri (Custom Domain)

Tuesday, 14 November 2017

Alun-alun Bungkarno Kalirejo, Ungaran

Alun-Alun Bung Karno merupakan salah satu tempat nongkrong ngehits di Ungaran sekaligus salahsatu lokasi refresing bersama keluarga . Kalau dulu sebelum ada alun-alun Bung Karno maka alun-alun mini di jalan Diponegoro yang terkenal dengan jalan asmara yang akan menjadi pusat kegiatan masyarakat dengan segala aktiviasnya dari olahraga, kuliner, perdagangan dengan lapak-lapak baik yang di dalam alun-alun sehingga seperti pasar kaget maupun di sepanjang jalan asmara masyarakat tumpah ruah dan menjadi magnet tersendiri untuk mengangkat alun-alun mini tadi menjadi Ikon kota Ungaran.
Image result for alun alun bungkarno
Gedung serbaguna di area alun-alun bungkarno

Dan Sekarang Ikon tersebut bergeser ke Alun-alun Bung Karno yang berada di Kalirejo, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Diresmikan Bulan Juni 2014 oleh Bapak Bupati Kabupaten Semarang, Pak Mundjirin, alun-alun ini menjadi tempat favorit warga untuk nongkrong dan kegiatan lain.
alun alun ungaran
Patung Bungkarno
Alun-Alun Bung Karno memiliki beberapa fasilitas antara lain taman kota dengan air mancur, panggung untuk pentas, lapangan rumput yang luas, track jogging, kios pedagang kaki lima, arena main anak, hingga arena skateboard. Lengkap ya.

Alun-Alun Bung Karno Ungaran
Arena Panjat Tebing, skateboard
Di hari Minggu, berkumpul banyak komunitas di Alun-Alun Bung Karno untuk meet up. Misalnya pencinta sugar glider atau tupai dari Papua, klub pencinta buku, kelompok pencak silat dan lainnya.Ada mobil buku milik Perpustakaan Ungaran juga lho, kamu bisa membaca buku sepuasnya, gratis!
main spatu roda

Anak-anak bisa bermain di taman bermain gratis. Sayangnya, kurang terawat. Di sore hari, ada semacam pasar malam, dimana anak bisa bermain kereta mini, kolam pancing, odong-odong yang murah-meriah.

Image result for alun alun bungkarno
Panggung Terbuka
Lapar? Ada banyak pedagang makanan dan minuman berjualan di gerai khusus. Hari biasa, mereka berdagang mulai pukul 15.00. Banyak pilihan mulai dari siomay, soto hingga sate kelinci.
Benar-benar meriah suasana Alun-Alun Ungaran. Tapi, jangan lupa ya selalu menjaga kebersihan karna kebersihan adalah sebagian dari iman, hahaha... 😁. Jangan membuang sampah sembarang. Biar Alun-Alun Bung Karno tetap eksis. Hihii....

Yang Spesial dari Gunungkidul: Durian Kencoro Rukmi

Gunungkidul punya varian durian lokal bernama durian Kencoro Rukmi. Selain rasanya yang manis dan legit, warna kuning keemasan pada daging durian menjadi ciri khas yang membedakan durian ini dengan durian pada umumnya. Tak hanya itu, durian yang diklaim aman untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi ini juga nyaris tidak mengandung alkohol dengan aroma yang tidak terlalu menyengat.
Durian Kencoro Rukmi
Masyarakat Gunungkidul menganggap jenis durian ini makin langka keberadaannya. Di antara satu keluarga yang memiliki lima sampai sepuluh pohon durian, hanya ada satu pohon durian jenis Kencoro Rukmi. Itu pun dengan buah yang tidak banyak. Hanya ada satu buah yang jatuh dalam satu pohon tiap musim panen tiba.

Andriyan, Ketua RT 20 Sumber Tetes, Desa Patuk, Kecamatan Patuk, Gunungkidul kepada Liputan6.com, Minggu (12/11/2017) mengatakan, durian Kencoro Rukmi banyak dicari orang-orang yuang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, mengingat durian ini tidak menyebabkan efek samping pada penderita darah tinggi saat dikonsumsi. Bahkan di antara mereka ada yang mencampurnya ke dalam kopi panas. 
"Harga per buahnya antara Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu tergantung besarnya," ungkap Andriyan.
Durian Kencoro Rukmi
Foto: Yanuar H/ Liputan6.com.
Andriyan juga mengatakan, durian Kencoro Rukmi yang langka saat ini juga tengah dikembangkan oleh Dinas Pertanian dan Pangan. Bahkan. pemkab juga melakukan pembagian bibit durian jenis ini kepada masyarakat.

"Setiap RT dibagi 17 pohon untuk dibagikan," kata Andriyan. Sementara itu Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi mengatakan, durian Kencono Rukmi saat ini juga sudah didaftarkan menjadi durian lokal khas Kecamatan Patuk, sehingga menjadi ikon daerah setempat. Sebagai ikon, pemerintah daerah setempat terus mempromosikan jenis durian ini kepada wisatawan, termasuk dengan menggelar festivaal durian yang akan berlangsung pada awal Desember mendatang.

"Kami terus berupaya mengenalkan durian Kencono Rukmi ke masyarakat," ungkap Haryo.

Sumber : Liputan6.com

Trik Cerdas Membuka Koper Lupa Kunci Kombinasi

7 Tips Menjaga Koper Anda Tetap Aman dalam Bagasi Pesawat
Satu hal yang paling menyebalkan saat ingin menggunakan koper yang sudah lama tidak terpakai adalah lupa password atau kata sandi. Alih-alih ingin mengemas barang bawaan, Anda jadi buang-buang waktu sibuk mengingat-ingat kembali password. Saya pernah mengalami hal ini waktu mau berangkat studytour jaman smp, saat itu ada barang yang lupa di masukan ke koper trus mau buka koper loh ternyata sudah terkunci dan tidak bisa di buka karna pakai kode kombinasi, maklum itu koper barang pinjaman. hehehe.. sudah di coba buka tapi tetap saja nihil dan akhirnya di buka paksa pakai obeng. Ingat dengan kejadian itu saya iseng-iseng cari alternatif, ternyata saya nemu artikel dari liputan6.com. Silahkan disimak Trik untuk membuka koper yang lupa kunci kombinasi :

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari celah pada ketiga roda nomor pada koper. Yang dimaksud dengan celah adalah lubang kecil yang ada pada tiga nomor sandi. Putar terus roda nomor untuk mencari ketiga celah tersebut, dan pastikan celah berada di tengah.

Langkah selanjutnya adalah memutar sekali pada tiap nomor sandi searah jarum jam, lalu cobalah untuk membuka kunci. Jika masih gagal, lakukan hal yang sama sekali lagi, hingga kunci koper benar-benar terbuka. Saya sendiri telah mencobanya dengan koper yang dulu sempat saya buka paksa dan berhasil. Setelah berhasil terbuka, catat tiga nomor sandi tersebut dengan baik agar Anda tidak terlupakan lagi saat ingin dipakai.

Koper Travel

9 Wisata Ungaran Hits

Tempat Wisata di Ungaran Semarang – Apa yang akan Anda lakukan jika waktu liburan datang? Sudahkah merencanakan destinasi wisata yang ingin Anda tuju? Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia ada sangat banyak daerah yang menarik untuk mengisi liburan Anda. untuk Anda yang berada di sekitar Semarang atau ingin berlibur ke daerah Semarang, Anda harus menyempatkan diri singgah ke daerah Ungaran. Kenapa? Karena di daerah tersebut ada banyak spot menarik untuk berwisata baik wisata alam, wisata kuliner, dll. Terletak di kabupaten Semarang, Ungaran menyuguhkan keindahan pegunungan yang sejuk dan kenikmatan kuliner yang khas.Wisata Ungaran dapat menjadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan waktu liburan Anda dengan berkesan.




Ada berbagai tempat wisata alam yang dapat Anda jelajahi di Ungaran. Wisata Ungaran ambarawa berbasis alam yang paling dikenal adalah rawa pening dan candi gedong songo. Anda pasti sudah sering mendengar destinasi wisata tersebut bukan? Ternyata, tidak hanya itu saja loh tempat yang menarik di Ungaran. Masih banyak wisata alam Ungaran yang bisa Anda temukan disana. Tentunya memiliki view yang indah dan sangat menarik untuk Anda kunjungi. Apa saja? Mari kita simak bersama 9 Wisata Ungaran Hits


1. CURUG LAWE
Instagram by @zulul310

Air terjun atau dalam bahasa Jawa biasa disebut curug sekarang ini kembali menjadi tempat wisata yang kekinian dan populer di kalangan anak muda jaman sekarang. Curug Lawe berada di daerah gunung Ungaran. Air terjun ini menyuguhkan view menarik perpaduan dari batuan berlumut yang menjulang tinggi dengan air terjun yang mengalir deras di tengahnya. Hawa nya yang sejuk dapat menyegarkan pikiran dan membuat Anda relax dan tenang. Tempat wisata di Ungaran Barat satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta petualangan di alam.

2. CURUG BENOWO
Instagram by @curug-lawe

Curug kedua yang dapat Anda kunjungi adalah curug Benowo. Curug ini juga berada di lereng gunung Ungaran, tepatnya di desa Kalisidi, Ungaran barat. Surga tersembunyi ini hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang naik turun. Namun jika Anda sudah sampai di air terjun tersebut, rasa lelah Anda akan langsung terbayar dengan keindahannya. Curug Benowo dapat Anda jangkau dengan rute yang sejalan saat Anda mengunjungi curug Lawe. Jadi jangan lupa mampir ke wisata air terjun satu ini ya!

3. WISATA PENGGARON
Instagram by @abdul421s
Wisata di Ungaran selanjutnya adalah wana wisata Penggaron. Dari namanya sudah bisa kita tebak bahwa ini merupakan wisata alam dalam hutan. Hutan Penggaron ini memiliki jutaan pohon eksotis yang menyuguhkan suasana yang asri dan menenangkan.terletak 18 km dari kota Semarang, tepatnya di desa Susukan, Ungaran, hutan penggaron ini sangat dijaga oleh penduduk setempat. Tempat nya yang menenangkan cocok bagi Anda yang ingin menyingkir sejenak dari kebisingan kota dan ingin menikmati udara segar.


4. WATU GUNUNG
Instagram by @watugunung_lerep_ungaran
Bagi Anda yang mengetahui bahasa jawa Anda pasti sudah bisa menenbak obyek wisata apa ini. ya, tepabakan Anda benar sekali. Obyek wisata Watu Gunung memiliki ikon yang unik berupa batu besar. Letaknya di kawasan gunung Ungaran. Watu dalam bahasa indonesia berarti batu, watu gunung berarti batu gunung. Saat kita berkunjung ke kawasan ini, kita tidak hanya bisa melihat bongkahan batu besar saja, dari sini Anda bisa melihat hamparan pemAndangan hijau indah kaki gunung Ungaran ini. Obyek wisata Ungaran satu ini wajib Anda kunjungi saat Anda ingin mengusir penat dan melakukan healing.

5. TAMAN DJAMU INDONESIA
Instagram by @tamandjamoe

Seperti namanya, tempat ini menyuguhkan berbagai tanaman jamu yang dapat memperluas pengetahuan Anda dan keluarga. Tempat dengan luas 3 hektare yang terletak di jalan raya Bawen, Ungaran ini merupakan tempat yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Di sini Anda dan keluarga dapat melakukan berbagai aktifitas, salah satunya memilih jamu yang disukai dan langsung meminumnya. Menarik bukan? Anda juga dapat mengajarkan pengetahuan mengenai berbagai tanaman jamu dan khasiatnya kepada anak-anak Anda. sehingga selain berlibur, anak-anak Anda dapat memetik manfaat dari perjalanan mereka.

6. UMBUL SIDOMUKTI
by instagram @dyazliz
Umbul Sidomukti merupakan wisata Ungaran Sidomukti yang wajib dikunjungi oleh para pecinta fotografi karena tempatnya yang sangat instagramable. Tempat ini menjadi terkenal salah satunya karena banyak anak muda yang berfoto di tempat ini dan mengunggahnya di akun media sosial milik mereka. Di sini Anda dapat menikmati kolam renang dengan latar belakang pemAndangan lereng gunung yang sangat memukau. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung lainnya, Anda dapat menikmati berbagai aktifitas lain seperti outbond, camping, olahraga yang menantang andrenalin, serta menikmati kuliner.

7. SIWARAK
by instagram @hanif_nurcahya
Jika Anda ingin berenang dan menikmati permainan air dengan suasana alam yang asri Anda dapat mengunjungi tempat ini. Berada di 23 km dari kota Semarang, Tirto Agung Siwarak menawarkan wisata permainan air yang asyik dan menyegarkan. Airnya yang berasal dari mata air yang berasal dari gunung Ungaran, tempat ini dapat menjadi pilihan berlibur bagi Anda dan keluarga. Selain kolam renang, tempat ini juga dilengkapi dengan tempat memancing. Menyenangkan bukan?

8. BUKIT LEREP INDAH
Instagram by @mfkurniawan
Bukit Lerep Indah merupakan sebuah kolam renang dengan kualitas air yang baik karena berasal dari mata air pegunungan. Kolam renang yang dibangun bertingkat ini sangat cocok bagi Anda para pecinta olahraga berenang. Keunggulan dari kolam renang ini adalah tidak menggunakan bahan kimia seperti kaporit, airnya yang jernih akan membuat Anda betah berlama-lama berenang di kolam ini. apalagi view yang disuguhkan sangat indah dan menenangkan. Anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke sini.

9. KAMPUNG SENI LEREP

Instagram by @tomi.hario
Kampung seni Lerep merupakan objek wisata Ungaran Salatiga yang tidak boleh Anda lewatkan selanjutnya. Kampung ini dibangun oleh komunitas seni di desa yang terletak di lereng gunung Ungaran. Anda bisa menikmati berbagai seni dan mengenal budaya. Selain belajar dan menambah wawasan, Anda juga disuguhi panorama yang indah dari ketinggian 400 meter diatas permukaan laut. Tempat ini merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang menginginkan liburan yang tidak hanya melepas penat tetapi juga penuh makna.